Alasan Kebanyakan Blogger Pensiun di Tahun 2020

All right guys welcome back to my blog kali ini gua akan memberikan sebuah alasan yang cukup-cukup menyakitkan yaitu stop di dunia Blogger. Jujur banget ya, gua menganggap blogger ini hanya pekerjaan sampingan yang bisa bikin penghasilan. Dari awal gua ngeblog, gua merasakan pahitnya tidak bisa merasakan gajian dari Google Adsense. Tapi perlahan-lahan gua bisa mendapatkan penghasilan dari Adsense walaupun tidak bertahan lama.

Jujur penghasilan gua selama menjadi blogger itu hampir mendekati 10 juta, dalam waktu kurun 7 bulan saja. Alhasil gua tetap melanjutkan pekerjaan gua sebagai blogger namun ada beberapa yang bikin gua tidak bisa mengembangkan situs gua sendiri.


Gua berhenti di dunia blogger, walaupun gua cuma nulis apa yang gua alami tapi tidak serius waktu dulu.

Tahun 2020 dimana para blogger ini menurut gua banyak yang pensiun. Kenapa pensiun? karena KW di dunia per-Google ini sudah di libas/babat habis. KW itu kata kunci atau bahasa kerennya KeyWord. Jadi kalo kalian nulis beberapa kata akan muncul sebuah tutorial. Contoh ''buat email'' nanti muncul beberapa artikel dengan judul bervariasi seperti ''cara buat email lewat android'', ''cara buat email dengan mudah'' dan lain-lain.

Terus maksudnya di babat habis apa ya? Jadi gini guys gua ceritain. Misalkan nih, ada sesuatu yang sedang trending seperti COVID-19 merajalela. Akhirnya gua memutuskan bikin konten tentang COVID-19 seperti tutorial mencegah, mengatasi, dan menghadapi. Tapi itu semua bagi gua percuma banget dan ngabisin waktu buat nulis.

Kenapa cuma ngabisin waktu? Karena semua KeyWord sudah di booking sama perusahaan besar. Mereka mampu membayar ratusan orang penulis, dan membuat artikelnya di taruh posisi pertama halaman Google Penelusuran. Entah postingannya rata-rata hanya teori tidak ada gambar dan penjelasannya. Jadi gua yang bikin artikel lengkap, jelas, pake gambar, bakalan kalah sama perusahaan besar.

Contohnya nih guys gua kasih gambaran sedikit dibawah ini.


Gua iseng-iseng cari kata Sinopsis Film, tapi kok yang muncul malah situs-situs besar pembawa berita. Lucu gak kalo situs berita bikin artikel tentang sinopsis film.


Apalagi yang ini situs pembawa berita tapi kok menghabiskan sebuah keyword contohnya gua mau cari spesifikasi hp, tapi yang muncul pertama malah situs berita. Hal inilah yang bikin gua putus asa di dunia blogger
Apakah gua harus ngajak kalian semua harus pensiun? Enggak lah

Didalam pengamatan gua, ada beberapa kata kunci yang belum dikuasai oleh pembawa berita besar. Ingat perusahaan besar hanya menargetkan kata kunci yang populer dan membuatnya KW tersebut memiliki volume yang besar di halaman pertama artikel Google Penelusuran. Jadi blogger indonesia di tahun 2020 disarankan untuk menargetkan SEO agar meningkatkan jumlah kunjungan artikel kalian.
Solusi di tahun 2020? Gua saranin cari alternatif Google Adsense
Jalan alternatif terbaik menurut gua hanya membuat blogger sebagai tempat marketplace atau tempat etalase sebuah produk.

  • Contohnya tampilkan produk orang lain di blog kalian
  • Tampilkan produk sendiri di blog kalian seperti toko-toko online indonesia. 


Post a Comment

0 Comments