May 7, 2020

// // 4 comments

Peralatan Elektronik Pesawat Terbang Remot Kontrol

All right guys welcome back to my blog kali ini gua akan memberikan ilmu yang bermanfaat tentang teknologi pesawat. Yang akan gua bicarakan adalah pesawat remot atau yang dikenal RC Planes atau RC Pesawat. Bermain pesawat bukanlah permainan anak-anak, seperti kalian yang lihat di situs Youtube rata-rata pengguna hobi pesawat terbang kebanyakan umur remaja sampai bapak-bapak pun masih bermain pesawat terbang.

Kenapa menurut gua bukan mainan anak-anak?

Karena tenaga yang diberikan dalam pesawat remot ini sungguh besar, dapat melaju kecepatan hingga 100km/jam.


Oke kembali ke judul bagaimana caranya bisa terbang?. Kita membicarakan komponen-komponen elektronik terlebih dahulu.

Mesin Pesawat Remot:
  1. Motor Electric
  2. Motor Menggunakan Bahan Bakar
  3. Jet Turbin Elektrik (EDF Electric Ducted Fan)
  4. Jet Turbin Mesin Menggunakan Bahan Bakar
Gua akan cukup membahas mesin pesawat nomor 1 dan 3 saja karena budget membikin pesawat remot ini sangat murah. Dan memperhemat halaman postingan artikel ini agar tidak terlalu panjang
Mesin Motor Electric

Mesin ini sangat murah dengan harga kisaran Rp.100.000 s/d Rp.400.000 beda tenaga beda harga. Mesin ini dinilai mirip sekali seperti Dinamo, karena menggunakan energi putar agar baling-baling tersebut bisa menghasilkan energi dorong. Untuk menggunakan mesin ini, gua rasa kecepatan pesawat rata-rata yaitu kisaran 20km/h - 60km/h.
Mesin Jet Turbin Elektrik EDF Electric Ducted Fan

Mesin ini cenderung sedikit mahal dengan harga kisaran Rp.500.000 s/d 1.5 jutaan. Bentuknya seperti kipas yang menghasilkan energi dorong sama halnya seperti mesin pesawat yang asli. Mesin ini bervariasi, dan harganya cukup bervariasi seperti ukuran dimensi kipasnya ada yang 70mm, 80mm, 90mm, dan 120mm. Tentu semakin besar kipas, dan jumlah kipas (blades) akan memperbesar angin masuk sehingga energi dorong semakin kencang. EDF ini tentu melaju sangat cepat sekali entah berapa kecepatannya, silahkan buka situs Youtube dan lihatlah testimoni menggunakan EDF kecepatan kipasnya sangat sadis sekali.

Sekarang gua mau jelasin ke tahap selanjutnya adalah penggabungan barang elektronik.

Berikut rangka-rangka elektronik yang dibutuhkan di pesawat.

  1. Mesin Pesawat
  2. Baterai Lipo kisaran harga Rp.300rb ke atas
  3. ESC (Elektronik Speed Control)
  4. RX Receiver 6ch (channel)
  5. Servo
  6. Remot Kontroller
Karena mesin pesawat sudah gua jelaskan di atas, maka gua akan jelasin dari baterai sampai remot kontroller
Baterai Lipo

Tentunya setiap pesawat harus menggunakan baterai agar bisa menjalankan semua fungsi gerakannya. Sama halnya seperti motor, mobil semuanya pasti menggunakan baterai. Baterai Lipo ini bentuknya seperti persegi panjang ukurannya seperti remot tv. Kalo kalian mau bikin pesawat yang standar kira-kira panjang 1.5m / sayap 1.2m gunakan baterai Lipo 2200mAh dengan arus minimum 60C. Baterai dengan spek kayak gitu, menurut gua udah lebih dari cukup dan bisa tahan lama.
ESC (Elektronik Speed Control)

ESC ini bentuknya seperti kotak kecil sekali dengan dipadukan 6 kabel (3 depan, 3 belakang). ESC ini fungsinya seperti kontrol gas, jadi ESC itu adalah mengkontrol kecepatan pesawat kapan harus di gas, kapan harus di kurangi gas nya. Udah tersedia 6 kabel fungsinya adalah 3 kabel tersebut tersambung dengan mesin utama pesawat, sedangkan 3 kabel lainnya berbeda. 2 kabel negatif positif tersambung ke baterai Lipo, sedangkan 1 kabel nya lagi tersambung ke RX Receiver. ESC ini bisa kalian dapatkan dengan harga 200rb ke atas dengan spesifikasi minimum 60A.
RX Receiver

RX Receiver bentuknya kecil ukurannya seperti tempat korek kayu, dan isinya adalah colokan berisi 6 channel. Fungsi RX Receiver ini memberi sinyal ke Remot Kontroller, bagi yang gak tau apa itu fungsinya 6 channel oke gua jelasin.

  1. Channel 1: Servo Aileron (penggerak sayap) agar pesawat bisa berguling-guling kanan dan kiri
  2. Channel 2: Servo Elevator (pengatur ketinggian) agar pesawat bisa lepas landas, dan bisa turun mendarat
  3. Channel 3: ESC (pengatur kecepatan mesin)
  4. Channel 4: Servo Rudder (belok kanan kiri)
  5. Channel 5: Servo Landing Gear (masukan roda ke dalam body)
  6. Channel 6: Bind (penangkap sinyal ke remot kontrol)

 Servo

Servo menurut gua ini barang yang paling penting banget, karena untuk menggerakan semua sayap atau roda harus menggunakan Servo. Servo ini ukurannya kotak kecil dengan dipadukan gerakan 360 derajat. Untuk menggerakan Servo ini harus menggunakan jari-jari velg sepeda atau dinamakan Push Rod. Push Rod berbentuk seperti lidi yang keras namun bisa dibengkokkan menggunakan tang agar bisa mengatur gerakan yang di inginkan. Push Rod bisa kalian dapatkan dengan harga yang murah sekitar Rp.5000 dengan panjang 30cm.


Untuk menggerakan Aileron membutuhkan 2 Servo di sayap kanan dan sayap kiri. Untuk mencolokkan Servo ke RX Receiver minimal 1Channel untuk satu gerakan. Contoh Aileron di colokkan Channel 1, maka dari itu untuk menggerakan kedua sayap harus menggunakan 2 Servo dengan ditambahkan kabel tambahan Servo 2in1 agar 2 Servo tersebut bisa menggunakan 1 kabel saja. Kabel tambahan Servo 2in1 harganya relatif murah cuma Rp.8000 di toko online.

Kalo mau gerakkin Rudder buat belok kanan dan kiri, harus membutuhkan 2 Servo (1 untuk Rudder, 1 untuk roda depan). Kalo kalian tidak menggunakan roda cukup gunakan 1 Servo saja. Servo untuk roda depan bertujuan untuk belok kanan-kiri pada saat di daratan bukan di udara. Karena posisi Rudder dan roda depan sangat jauh maka gunakan Push Rod yang panjang agar gerakannya terjangkau.

Untuk melakukan gerakan Elevator hampir mirip sistemnya seperti menggerakan Aileron.
Servo Retracts Sudah Jadi Dengan Landing Gear Tinggal Pakai. 1pcs kisaran 100rb
Servo untuk Landing Gear (roda depan belakang sama dengan 3 roda). Servo untuk ini Servonya sangat berbeda, karena membutuhkan 3 Servo untuk menggerakan 3 roda agar bisa masuk ke dalam body. 3 Servo dalam 1 Channel aslinya tidak bisa, maka dari itu gunakan Servo Retracts pada roda belakang jadi intinya Servo Retract bisa menggerakan 2 Roda hanya menggunakan 1 Servo. Servo Retract harganya cukup mahal yaitu diatas Rp.100rb, untuk Servo biasanya cenderung murah harganya sekitar Rp.15rb untuk 1 servo.
Remot Kontroller

Remot kontroller yang murah gua saranin gunakan merk FLYSKY di toko online harganya kisaran Rp.500rb s/d 700rb. Kalo mau nyalain Remot Kontrollernya pake baterai ABC dibagian belakang cukup gunakan 4pcs baterai ABC lalu nyalakan Remot nya.

Agar menangkap sinyal Remot ke RX Receiver biasanya kalo beli FLYSKY akan mendapatkan kabel bind (penangkap sinyal). Nyalakan semua komponen pesawatnya, dan colok kabel bind ke Channel 6. Otomatis Remot Kontroller akan berbunyi suara pertanda bahwa sinyalnya sudah tertangkap. Setelah itu matikan semua komponen pesawat, lalu lepas kabel bindnya. Silahkan nyalakan ulang komponen pesawatnya, dan gunakan remot untuk menerbangkan pesawat.

Struktur Elektronik Pesawat Remot 


4 comments:

  1. Makasih suhu, sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  2. Gan, receiver nya kan ada 7 colokan. Yang channel 7 itu fungsinya buat apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Channel 7 biasanya buat ngetes gerakan Servo tanpa harus pakai ESC dan Mesin. Channel 7 buat langsung ke baterai.

      Delete