Cara Ganti Nama Menu Dropdown Dan Memberi Link nya

All right guys welcome back to my blog kali ini gua akan memberikan tutorial bagaimana caranya mengganti nama menu Dropdown dan memberi link tujuan agar terlihat rapih. Menurut gua sih, masalah ini sangat mudah sekali dan mudah dipahami. Dan yang terpenting bagi yang pemula dan baru belajar blog, wajib membaca dan simak baik-baik jangan sampai kelewat.

Yang label biru di TataLetak, yang hitam di HTML

Gua beri contoh gambar diatas adalah label atau pageheader. Karena template berbeda-beda ada yang bisa diatur lewat TataLetak, dan ada yang bisa lewat HTML. Kalian semua yang pemula wajib belajar karena hal ini merupakan hal yang sangat dasar jika kalian sering gonta-ganti template

Setiap ganti template, pastinya pageheader ada yang bermacam-macam ada yang biasa Horizontal, dan ada yang Dropdown seperti gambar diatas. Tapi pentingnya di artikel ini hanya memberikan tutorial mengganti nama dan memberi link pada HTML.

Menu Di Tata Letak


Gua memberikan contoh yang mudah dulu yaitu memberikan Label / Pageheader lewat TataLetak. Perlu di ingatkan sekali lagi, bahwa semua template berbeda terutama tipe-tipe Pageheader. Jika di TataLetak tidak memiliki Widget PageHeader, maka tidak perlu mengikuti tutorial bagian ini.


Seperti gambar di atas guys gua memberikan Label dengan tujuan media sosial. Tapi terserah kalian mau dibuat Label, atau Artikel yang menurut kalian ahrus dibaca.
  1. Tambahkan +Add external Link
  2. Beri judul
  3. Copy link tujuan dan Paste di bagian web adress (URL)
  4. Simpan dan muat ulang website kalian (reload)

Menu Di HTML


Jika memiliki Menu/Pageheader tapi tidak ada di TataLetak saatnya beralih ke HTML dengan cara (Tema > Edit HTML)

Setelah memasuki halaman yang berjuta-juta kode, silahkan cari kode terutama kata-kata (sebuah kata) yang ada di Menu. Contoh pada gambar di atas terdapat Sub Menu 1, 2, 3, sampai 5. Misalnya gua mau mengubah Sub Menu 1 menjadi label Game.

1. Tekan CTRL + F
2. Cari sebuah (kata) yang ada di Menu

3. Tuh kan guys ketemu yang warna kuning-kuning loh.
4. Tulisan warna HITAM diganti dengan nama Label
5. Sedangkan kode warna MERAH adalah Link
6. Biasanya template baru ada yang menggunakan (#) atau (/)
7. Simpan dan lihat hasilnya

Ngomong-ngomong guys ada salah satu hal terpenting yang ingin gua ngomongin. Ketika template memiliki menu yang terlalu banyak, silahkan hapus lewat HTML. Bagaimana caranya?

Dasar HTML. <li> = pembuka dan </li> = penutup
<head> = pembuka dan </head> = penutup
Jadi perbedaannya adalah pembuka tidak menggunakan / sedangkan penutup menggunakan /.

Perhatikan guys kalo mau hapus menu jika terlalu banyak, yang terpenting adalah pembuka dan penutup harus sama-sama di hapus tidak boleh berbeda. Jika berbeda maka akan mengalami eror parsing.

Penutup: Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa tinggalkan komentar walaupun terima kasih.

Post a Comment

0 Comments