Hindarkan Ciri Ciri Lowongan Pekerjaan Hoax

All right guys welcome back to my blog kali ini gua mau share ke kalian tentang proses melamar pekerjaan. Membicarakan penipu, ya penipu sekarang ada dimana aja dan kapan saja. Terutama penipu yang biasanya melakukan via melamar pekerjaan. Ada saja ya, orang yang mau nyari kerja dan uang tiba-tiba ada orang yang mau nipu biar dapet duit haram.

Tapi guys, kalo kalian udah baca artikel ini pasti kalian tidak akan menyesal karena artikel ini memberikan referensi kalian yang ingin melamar pekerjaan yang aman, dan benar.
Zaman sekarang kita diperlakukan secara mudah karena tersedianya internet, maka dari itu melamar pekerjaan pun bisa melalui internet termasuk lewat Email.

Membicarakan penipu, mungkin yang udah berpengalaman atau yang sering bolang (seharian keliling kawasan industri) udah terbiasa mana yang asli dan mana yang penipu. Tapi tidak semua berpengalaman, ada yang baru pertama kali melamar kerja dan tidak tahu apa-apa.

Oke guys, gua akan memberikan beberapa contoh lamaran pekerjaan yang Hoax dan penipu.

Ciri-Ciri Lowongan Pekerjaan Penipu


1. Persyaratan tidak banyak / terlalu mudah

Ini gua sering banget ngeliat lowongan seperti beginian, mungkin gua bisa memberi contohnya seperti ini.
  1. Pendidikan SMK/Jurusan apa saja
  2. Usia minimal 18 tahun
  3. Berdomisili Jakarta dan sekitarnya....
  4. Fresh graduate atau berpengalaman
Pastinya kalian sering melihat kaya gitu gak?, komentar ya...

2. Alamat PT tidak jelas walaupun sudah tahu

Biasanya saat melamar kerja, pastinya ngecek alamat perusahaan terlebih dahulu. Tapi kalo penipu justru tidak memberi alamat yang sesuai perusahaan namun alamat tersebut menuju seperti perkantoran, ruko-ruko dipinggir jalan. Biasanya terjadi saat melamar pekerjaan lewat kantor Pos/JNE/JNT dengan alamat perkantoran.

Inilah yang gua dapat alamat penipu contoh:

Jl. Raya Bekasi KM19, no 30 PuloGadung Jakarta Timur 13260

Yang aneh itu, setelah kalian mengirim lamaran pekerjaan dengan alamat tersebut pastinya 100% kalian dipanggil kerja dengan alamat yang berbeda lagi. Bukan tes di PT namun di ruko dengan berbeda alamat, ujung-ujungnya minta duit.

3. Alamat Email Bohongan

Sekarang melamar pekerjaan lewat Email seringkali digunakan para pencaker, karena menggunakan Email tidak banyak membuang uang dan tenaga. Tapi ada saja penipu yang lewat Email, bagi kalian gak tahu contoh email penipu.
Nih contohnya:

Penipu:
  • recruitment.astra@gmail.com
  • hrd.astra@hotmail.com
  • hrd.contohpt@gmail.com
Email asli:
  • recruitmenthrd@astra.co.id
  • hrd.divisi@namaperusahaan.com
  • rekrutment@astragroup.com
Kita bisa lihat alamat email setelah @ (domain). Membicarakan domain, sebenarnya gmail dan hotmail itu domain gratisan sedangkan domain seperti co.id atau .com biasanya perusahaan besar dan professional. Perlu hati-hati saat melamar pekerjaan lewat Email.

Penutup: Jangan lupa tinggalkan komentar walaupun terima kasih.
 

Post a Comment

1 Comments