July 31, 2020

// // Leave a Comment

Istilah Pengertian Coding Bagi Yang Belum Tahu

All right guys welcome back to my blog kali ini gua akan memberikan sebuah ilmu yang bermanfaat terutama dari sektor teknologi yaitu Coding. Di jaman sekarang ini semuanya berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi yang lebih baik dari pada sebelumnya terutama di bidang digital. Ternyata banyak juga yang ingin belajar Coding apalagi anak-anak yang berumur 15 tahun kebawah pun juga keinginan belajar Coding. Mungkin tujuan anak-anak ingin menjadi Hacker yang handal, tapi sebenarnya manfaat Coding itu bukan cuma untuk anak Hacker tapi untuk karir di masa depan yang menjanjikan.

Belajar Coding gak perlu bayar les, cukup belajar dirumah cuma modal laptop atau komputer kalian saja. Dan diluar sana banyak yang menyediakan artikel tentang seputar Coding yang bertebaran di Google. Oke, sekarang kita simak-baik-baik di penjelasan berikut ini.


Apa itu Coding?

Coding itu sebenarnya seperti bermain masak-masakkan, ibaratkan kalau mau bikin makanan yang enak, pastinya kita harus membuat bahan-bahan terlebih dahulu. Nah bahan-bahan itulah yang di sebut Coding. Apa yang kalian lihat dilayar, aplikasi, website, youtube, facebook, dan lain-lain itu dibuat dengan bahan-bahan yang disebut Coding.

Sebuah kode itu bisa dianggap sebagai bahasa sehari-hari. Setiap kode yang diberi oleh kalian di komputer, komputer akan menerima apa yang kalian inginkan. Jadi komputer hanya menerima apa yang kalian berikan oleh si komputer, dan nantinya komputer akan menjalankan tugasnya. Kesimpulannya apa yang kamu masukkan kode-kode ke komputer nantinya akan menjadi sebuah aplikasi, website, dan program lainnya.

Dalam menulis coding, kalian harus esktra berhati-hati dan teliti, karena komputer hanya menerima apa yang kalian tulis. Jika mengalami kesalahan dalam menulis coding, nantinya sebuah program akan mengalami debug di beberapa hari kemudian.

Coding biasanya buat apaan sih?

Tentu Coding biasanya untuk membuat Website Design, Website Development, dan Aplikasi Software. Dari diantara ketiga tersebut, yang paling sering digunakan adalah untuk membuat Website Design dan Development.

Pengertian Website Design:
  • Web Design biasanya digunakan untuk membahas bagian visual dari website. Karena membahas bagian visual, tujuan Web Design adalah membuat bagian interaktif dan fungsi. Khususnya untuk para pengunjung, dan pembaca website. Web Design dalam bahasa programmer, biasanya di sebut Front-End Development
Pengertian Website Development
  • Web Development biasanya digunakan untuk membahas bagian teknis pembuatan suatu website. Artinya bagian dari website yang jauh terlihat dari pengunjung atau pengguna website. Dalam bahasa programmer, biasanya disebut Back-End Development
Disamping itu, programmer dituntut bisa menyelesaikan 2 proyek sekaligus dalam satu orang saja. Bertanggung jawab atas membangun website dari segi teknis hingga sampai visual. Dalam hal ini biasanya juga disebut front-end dan back-end

Macam-macam bahasa programming yang sering digunakan.

1. HTML

Hyper Text Markup Language adalah salah satu bahasa pemograman yang sering digunakan untuk membuat website. HTML ibaratkan seperti fondasi rumah, biasanya terdapat beberapa bagian seperti (head, body, footer, dan sidebar).

Untuk menulis HTML kalian dapat menggunakan editor teks yang sederhana seperti Text Editor HTML, Atom, Subline, dan Notepad++.

2. JavaScript

JavaScript biasanya digunakan untuk memberikan animasi, pop-up dan tombol apa saja yang bisa di klik. Itu semua dibuat oleh bahasa pemograman JavaScript. JavaScript dibuat untuk membuat website terlihat lebih elegan dan dinamis terutama tidak membosankan dilihat. Sehingga JavaScript ini dibutuhkan agar mata pengunjung selalu tertarik dan selalu mengunjungi website kalian.

3. CSS

Cascading Style Sheets berfungsi untuk mempermudah dalam mendesain website dengan cepat, dan sederhana. CSS ini berbeda dengan HTML, hanya CSS ini bertujuan untuk mengganti font tulisan, ukuran font, warna font, warna blog, jarak spasi dan lain-lain. Pokoknya CSS ini tujuannya hanya menjadi tata rias website. Bukan hanya itu saja, CSS sangat banyak sekali code yang dimasukkan karena kita juga membuat tampilan di mode Smartphone, tablet, atau desktop. HTML, JavaScript, dan CSS seringkali digunakan untuk membuat website pemula atau umum

4. Python

Dari namanya terlihat ular, namun nama itu bukanlah sejenis hewan. Python adalah bahasa pemograman yang bisa digunakan semua sistem operasi komputer modern. Anda juga bisa memproses text angka, gambar, dan beberapa file yang disimpan di komputer. Pyhton seringkali digunakan untuk mesin pencari Google, dan video sharing Youtube.

Python adalah bahasa yang perlu diterjemahkan. Berarti Python tidak bisa di konversi ke kode yang dibaca komputer sebelum program dijalankan. Mereka baru akan menerjemahkan saat program dijalankan. Bahasa ini sering disebut bahasa scripting karena mereka hanya sering digunakan untuk mengatasi masalah kecil. Namun bahasa ini juga kadang digunakan untuk mengatasi masalah besar. Sudah banyak aplikasi diluar sana yang menggunakan bahasa pemograman Python.

Di sisi itu, Python bisa melakukan hal-hal ini:
  • Programing CGI untuk aplikasi web
  • Membangung RSS reader
  • Reading dari writing ke MySQL
  • Reading dari writing PostgreSQL
  • Bikin kalender di HTML
5. Java

Java adalah bahasa pemograman yang paling populer digunakan dari dulu karena menjadi satu alasan mengapa menggunakan Java sebagai salah satu favorit. Ditambah lagi mereka memiliki Java Virtual Machine JVM yang kuat, dan membuatnya kompatibel di berbagai platform.

Java sering kali digunakan oleh Back-end developer, big data developer, arsitek, system engineer, dan aplikasi android. Meskipun Java saat ini adalah bahasa pemograman yang jarang digunakan, namun bahasa ini akan digunakan suatu saat nanti di masa depan.

6. C++

C++ adalah bahasa yang sangat efisien dan fleksibel. Bahasa ini tetap diminati karena performanya dan realibilitasnya berbagai konteks yang dapat digunakan C++ banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti Microsoft, Paypal, dan Adobe untuk membuat program-program mereka.

C++ banyak sekali digunakan oleh developer aplikasi Desktop terutama untuk segi performanya. Meskipun agak rumit untuk memahami bahasa C++ akan memberi dampak anda pemahaman yang lebih dalam tentang cara kerjanya. 

7. Ruby

Bahasa Ruby ini seringkali digunakan para programer karena bahasa ini tidak banyak sekali macam-macam kode. Bahasa ini cenderung lebih banyak ke bahasa inggris, dan dirancang oleh developer agar mudah digunakan. Bahkan tagline khusus Ruby ini adalah ''teman terbaik para programmer''. Ruby bertujuan untuk mencapai banyak hal baris kode yang bersih dan mudah dibaca. Kode Ruby ini hampir mirip tulisan latin yang kita sering baca. 

Ruby ini dinilai paling lambat dalam hal efisiensinya, namun bahasa ini akan meningkatkan semangat produktivitas sebagai programer.

8. PHP

PHP adalah bahasa yang populer dan sering digunakan oleh seorang back-end developer. PHP digunakan untuk memperbagus tampilan website. Dengan bahasa ini, anda bisa membuat fitur-fitur menarik seperti:
  • Membuat Login username, dan password
  • Mengecek detail sebuah formulir
  • Membuat forum
  • Membuat analisis
  • Membuat galeri
  • Membuat gambar
  • Membuat rating, dan masih banyak lagi...

0 comments:

Post a Comment