Cara Mengandalkan SEO Untuk Artikel Blog

All right guys welcome back to my blog kali ini gua akan memberikan tutorial yaitu bagaimana sobat blogger bisa memasukkan artikel kalian tembus ke halaman pertama google. Minimal tembus halaman nomor 5 saja sudah dibilang bersyukur. Untuk mendapatkan artikel tembus ke halaman pertama perlu dipelajari yang bernama SEO. Kunci SEO ini berlaku semua platform website seperti blogger, wix, wordpress, tumblr dan lain-lain. Dengan hal ini terutama SEO kalian bisa memaksimalkan kualitas website dan kualitas artikel kalian.


Daftar isi:
  1. Judul artikel
  2. Link artikel
  3. Menambahkan gambar
  4. Posisi kata kunci
  5. Jumlah kata
  6. Artikel yang berkualitas
Oke guys, kita langsung saja kebagian yang penting yaitu:

1. Judul artikel

Kalau ingin artikel tembus masuk halaman, perhatikan terlebih dahulu judul yang kalian buat. Pastikan judul nya terlihat mudah paham di mata orang lain, dan kalimatnya berupa rasa ingin penasaran. Selain itu, yang lebih penting adalah posisi kata kunci kita harus paham dengan posisi kata kunci yang akan diberikan ke judul artikel.
Contoh:
  • Cara melakukan
  • Cara cepat
  • Cara mudah
Ada 3 contoh diatas adalah posisi kata kunci di awal, dan ini menurut gua harus digunakan saat memberi judul. Kalau kalian bingung, mending buka situs Google Trends. Silahkan kalian riset dari ketiga contoh diatas, mana yang sering dicari, dan mana yang sering digunakan.

Menggunakan 2 kata kunci di posisi awal dan posisi akhir.
  • Cara mudah menghilangkan jerawat
  • Cara cepat mempertumbuhkan tinggi badan
Ada beberapa teknik lainnya saat memberi judul artikel seperti ini.
  • Rahasia dari............................
  • 5 barang.....................yang sering dicari
  • 5 hal..........................
  • Dampak buruk....................bagi kesehatan

2. Link artikel

Jurus nomor 2 yaitu mengandalkan link artikel. Google tidak akan menyukai artikel anda kalau link artikel anda tidak jelas dan tidak rapih. Terus apa kriteria yang disukai oleh Google?, menurut pakar SEO, jika artikel memiliki link yang tidak jelas, panjang dan sulit di ingat Google tidak akan menyukainya. Google akan lebih suka dengan link artikel yang pendek dan mudah di ingat.

Caranya sangat mudah, sebelum artikel kalian di publikasikan pastikan kalian melakukan custom permalink yang ada di blogger. Ingat, link ini tidak akan bisa diganti-ganti setelah di publikasikan kecuali kalian menghapus dan membuat ulang artikelnya.
Contoh:
  • https://www.bloganda.com/tahun/tanggal/cara-mempercepat-tinggi-badan-umur-17.html
Silahkan di custom permalink menjadi seperti ini.
  • https://www.bloganda.com/tahun/tanggal/tinggi-badan.html
Kenapa harus 2 kata atau 1 kata?, contoh di atas adalah ''tinggi badan''. Kalau di mesin pencarian dan mengetik ''tinggi badan'' pasti akan otomatis berkatian dengan cara meninggikan badan, selain itu contohnya adalah ''jerawat'' maka otomatis akan berkaitan dengan cara menghilangkan jerawat.


3. Menambahkan gambar

Ini adalah salah satu syarat untuk mempercepat persetujuan Google Adsense. Selain itu menambahkan gambar merupakan salah satu kunci SEO. Para pengguna website atau pembaca, mereka tidak segan membaca artikel yang tidak memiliki gambar. Bayangkan artikel tanpa gambar itu membosankan, apalagi kita juga pusing melihat banyak tulisan-tulisan yang tanpa di jeda ataupun ber paragraf.

Agar artikelnya berkualitas, silahkan masukkan gambar dengan ukuran file yang kecil. Jika memasukkan gambar dengan file yang besar, akan mengakibatkan loading website terlihat makin berat.


4. Posisi kata kunci

Kesalahan umum para blogger yaitu salah dalam meletakkan posisi kata kunci. Sangat berbeda pada bagian no 1 ''judul'' tapi ini membahas pada saat anda membuat artikel. Tips jitu menurut saya adalah posisi kata kunci harus di letakkan awal paragraf, link, dan judul. Mungkin gua akan berbicara psikolog tentang mesin pencarian:
  • Judul yang jelas (sesuai apa yang ia cari)
  • Paragraf pertama memiliki penjelasan terkait apa yang ia cari. (biasanya terjadi pada anak sekolah)
  • Domain website professional (biasanya orang yang sering searching lebih memilih blog berbayar dari pada gratis ''blogspot'')
Kesalahan para blogger adalah saat paragraf pertama terlalu banyak basa-basi dan tidak langsung menjelaskan pengertian atau maksud dari apa yang kalian buat di artikel. Karena saat orang-orang mencari di situs pencarian, jika menemukan website anda masuk ke halaman, otomatis para pengguna melihat judul, dan paragraf pertamanya.


Saat di mesin pencarian akan menampilkan Domain, Label, Judul, Tanggal dan Paragraf Pertama. Kalau kita lihat di atas, paragraf pertama menunjukan penjelasan dan maksud dari satu permasalahan tersebut. Stop basa-basi di paragraf pertama.

5. Jumlah kata

Jumlah kata pada artikel anda salah satu jurus SEO yang ingin tembus masuk halaman google. Minimal kalian membuat artikel dengan jumlah kata minimal 1500. Jika kalian mampu apa yang melebihi dari 1500, lebih banyak kata maka akan lebih bagus.

Jika kalian bingung beberapa kata yang sudah kalian tulis. Tenang, disini kami menyediakan link situs menuju penghitungan kata di WordCountTool. Kalian cukup menggunakannya dengan cara copy seluruh kata di artikel anda, dan paste di situs penghitungan kata.

6. Artikel yang berkualitas

Membuat artikel berkualitas memang sangat wajib. Boleh-boleh saja kalian membuat artikel dengan cara meniru gaya menulis orang lain asalkan tidak melanggar kebijakan Google Adsense yaitu copy paste. Terlihat mudah cara membuat artikel berkualitas, namun yang lebih sulit adalah mempertahankan website dengan beberapa artikel yang berkualitas.

Tetap semangat....terima kasih

Post a Comment

0 Comments