Jika Memiliki Telapak Kaki Yang Datar


Pasti kalian sering kali melihat orang-orang berjalan dan memperhatikan telapak kakinya. Setiap manusia memiliki telapak kaki yang berbeda-beda, ada yang memiliki lengkungan, dan ada yang tidak memiliki lengkungan. Salah satu yang kita bahas adalah kaki datar atau flat foot.
Apa itu Flat Foot?

Flat foot atau telapak kaki datar adalah bentuk kaki yang tidak memiliki lengkungan, dan jejak kaki akan terlihat menyentuh keseluruhannya. Hal itu yang disebut telapak kaki datar, atau flat foot.

Penyebab Terjadinya Telapak Kaki Datar

Kaki datar biasanya terjadi pada anak-anak diumur 5-10 tahun atau dimasa pertumbuhan, dan dimana otot tulang kaki tidak dapat bertumbuh secara sempurna, hal itu akan berlanjut hingga remaja.

Kaki datar terjadi karena dari keturunan/genetik. Jika orang tua atau kakek, nenek memiliki kaki yang bagus maka peluang anaknya akan memiliki bentuk telapak kaki yang sama. Namun hal itu bisa melenceng, walaupun orang tua memiliki kaki yang bagus tetapi anaknya memiliki kaki yang datar itu bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk. Walaupun bentuk telapak kaki melengkung saat tidak berdiri, tapi akan tetap datar ketika berdiri.

Untuk wanita, kemungkinan saat terjadi Hamil kaki akan berbentuk berubah secara tidak sadar. Semakin banyak beban, maka tulang telapak kaki akan mengalami penurunan.

Kebiasaan Buruk Yang Membuat Telapak Kaki Datar

1. Cara Berjalan

Orang normal berjalan dengan lurus, namun jika orang-orang memiliki jalan yang menyamping dipastikan akan datar. Normalnya kedua jempol kaki, harusnya mengarah ke jam 12. Jika jempol kaki kiri mengarah ke jam 10, dan jempol kaki kanan mengarah ke jam 2. Dipastikan akan memiliki kaki yang datar. Hal ini bisa dibilang jalan berbentuk V.

Hal ini disebabkan banyaknya tekanan di kaki dalam atau mata kaki bagian dalam. Bagian tumit adalah menompa berat badan, sehingga tugas tumit memang sangat penting. Namun jika berjalan berbentuk V, tulang bagian dalam akan amblas/akan turun kebawah.

2. Cara Berdiri

Orang yang memiliki kaki normal, mereka lebih berdiri dengan lurus dan agak tegak. Dibandingkan penderita kaki datar, cenderung berdiri dengan cara menahan 1 kaki. Biasanya hal ini terjadi saat anda berpose tolak pinggang, atau bermain smartphone sambil berdiri. Terus sambil menyandar tembok, dan hanya mengandalkan satu kaki untuk menahan beban.

3. Benturan Telapak Kaki Ke Lantai

Perbedaan yang mencolok namun kita semua tidak menyadarinya yaitu saat orang menginjak lantai. Kaki yang normal mereka berjalan dan menapak bagian tumit belakang terlebih dahulu, baru bagian bawah jari kaki. Sedangkan kaki datar saat berjalan, kaki tersebut akan berbenturan ke tanah dengan seluruh bagian telapak kaki.

Hal ini disebabkan tidak memiliki peredam, dibandingkan gaya berjalan saat kaki normal menyentuh tanah.

4. Saat Umur 5 Tahun Sering Menggunakan Sepatu

Ada survei mengatakan bahwa kaki orang desa ternyata lebih bagus dibandingkan bentuk telapak kaki orang kota. Hal ini disebabkan tidak ada-nya pergerakan bebas saat kaki memakai sepatu. Tidak memiliki ruang gerak yang bebas, oksigen, angin, dan ngepress. Karena anak umur 3-5 tahun, tulang kaki masih dalam pembentukan.

Dibandingkan kaki orang desa, mereka lebih bermain tanpa alas kaki. Dikarenakan banyaknya berjalan, aktivitas kaki akan memiliki kaki yang normal dan kuat.

5. Kelebihan Berat Badan

Sebaiknya jika memiliki kaki yang datar, dan memiliki berat badan yang begitu berat. Lebih baik turunkan berat badan agar tulang pinggung, lutut dan kaki terlihat lebih ringan.

Efek Samping Memiliki Telapak Kaki Yang Datar

  1. Secara tidak sadar kehilangan keseimbangan sementara
  2. Tidak kuat berjalan lama atau jauh
  3. Tidak kuat berlari walaupun jarak dekat, dan cepat lelah
  4. Sakit tulang pinggang
  5. Kaki keram saat di pasir pantai yang bergelombang (dikarenakan saat menginjak pasir, gelombang pasir memaksakan kaki untuk melengkung)
  6. Tidak bisa lompat tinggi
  7. Tidak bisa lulus ujian tes fisik Polisi, dan Tentara.
  8. Sol sepatu lebih cepat robek, karena tekanan tumit sangat tinggi

Mengatasi Masalah Sakit Telapak Kaki Datar

  • Memperbaiki dari kebiasaan buruk di atas
  • Menggunakan sol kaki datar, silahkan beli di toko online
  • Memilih sepatu yang tepat
  • Memperbaiki gaya berjalan, dan pilih olahraga yang minim aktivitas kaki seperti berjalan pelan, bersepeda atau berenang
  • Gunakan bola kasti (baseball), dan injak bola kasti sambil di gelindingkan perlahan. Jika tidak ada, gunakan alat yang berbentuk bulat dan tidak besar
  • Gunakan obat pereda nyeri jika merasakan sakit di area kaki.

Post a Comment

0 Comments