Cara Artikel Blog ke Index Halaman Google

Dalam mempublikasikan artikel blog kalian, belum cukup yang dinamakan Index. Apa itu Index?, secara singkat dan jelas bahwa Index adalah bagaimana caranya artikel yang sudah kalian publish dan memasuki halaman pencarian Google.

Sesimple itu tujuannya, dan keuntungannya banyak jika artikel kalian masuk ke halaman pencarian. Masuk top 5 halaman Google saja sudah bahagia.

Tentunya ketika artikel kalian masuk ke pencarian Google, pastinya akan mendapatkan visitor yang banyak dan bisa bersaing dengan para website professional. Maka dari itu untuk mempercepat artikel ke Index harus kalian pelajari.

Cara Mengindex Artikel Blog 

Apakah artikel kalian sudah pernah mengindex artikel sendiri? Jika belum pernah, mari kita simak dengan baik. Jangan khawatir kami akan menjelaskan secara baik dan jelas.

1. Submit Webmaster Google Console

Agar artikel maupun website kalian masuk ke halaman Google, diwajibkan memasukkan website atau artikel anda ke Webmaster Google Console. Alat ini wajib digunakan karena gratis, dan fungsinya sebagai memonitor kinerja website kalian.

Contoh fungsinya ialah mempercepat masuk ke halaman Google, melihat statistik kinerja website kalian, contohnya berapa klik yang didapatkan. Silahkan kunjungi pusat websitenya di sini Webmaster Google Console 

Cara penggunaannya sangat simpel, kalian hanya klik Inspeksi Url dan Copy Paste link artikel kalian yang ingin di index. Lalu klik reques/minta pengindeksan.

2. Membuat Sitemap

Sitemap merupakan cara dari pemilik website untuk memberitahu mesin pencari Google tentang halaman-halaman website tersebut. 

Sitemap bisa dikatakan daftar isi, atau daftar link artikel kalian dari sejumlah kategori. Sitemap sangatlah penting sekali.

Tujuan membuat Sitemap sangat bermanfaat karena mempermudah pengunjung dari sumber manapun bisa melihat apa saja yang ada di website tersebut. Dan yang terpentingnya adalah website kalian cepat ter-index.

Untuk cara membuat Sitemap, silahkan klik link ini Cara Membuat Sitemap

3. Memperbanyak Internal Link

Untuk membuat artikel pastikan kalian menggunakan Internal Link yang menuju artikel kalian sendiri.

Internal Link merupakan link dari satu halaman ke halaman lainnya, dan pastinya link menuju bahasan yang sesuai dari artikel yang dibuat.

Contoh Internal Link:

Kalian membuat artikel tentang tutorial mengganti template blog. Dikarenakan banyak pemula yang tidak mengerti, maka masukkan link internal yang menuju artikel Cara Buat Blog. Jangan lupa, pastikan Internal Link diwajibkan menuju artikel sendiri bukan orang lain.

4. Buat Konten Setiap Hari

Membuat konten sangat diwajibkan walaupun belum ter-index oleh Google bukan berarti kalian tidak bisa membuat artikel. Untuk mengindex artikel blog wajib memiliki beberapa belasan konten atau dua puluh lebih.

Karena jika memiliki beberapa konten akan lebih mudah terindex apabila kalian melakukan beberapa poin yang saya sebutkan sebelumnya.

Konten-konten yang bagus itu pengaruh dengan hasil CPC (Cost per Click) atau dengan bahasa indonesianya adalah BPK (Biaya per Klik). Setiap konten memiliki standar biaya yang berbeda-beda.

Untuk negara Indonesia masih bisa dibilang CPC nya rendah, dibandingkan Amerika Serikat. Indonesia paling tinggi mendapatkan Rp.5000 per klik itu pun jika membahas tentang kesehatan dan seputar teknologi.

Maka dari itu persiapkan konten kalian yang bagus, dan jangan lupa memperbaiki tampilan blog atau website kalian agar menjadi nilai plus. Baca ini Macam-macam konten

5. Menggunakan Backlink

Backlink atau yang kita kenal namanya adalah menanam link, menaruh sumber, atau memberi nama credit. Biasanya Backlink digunakan dimana kita menaruh link di website lain, yang mengarah ke website kita sendiri.

Ibaratkan anda punya bakat foto atau video, lalu anda menaruh link/nama agar karya dan nama anda bisa tersebar. Sehingga popularitas seseorang bisa naik, maupun website.

Backlink merupakan hal-hal kepentingan pribadi, dan bisa dilakukan kapan saja.

6. Manfaatkan Sosial Media

Walaupun media sosial tidak ada hubungannya dengan Google Index, namun di media sosial bisa di andalkan untuk menaikkan jumlah trafik pengunjung blog anda.

Mesin pencarian memiliki algoritma yang sangat pintar sehingga bisa memilih artikel terbaik dan jumlah pengunjung. Maka dari itu media sosial sangat dibutuhkan untuk pemasaran artikel blog anda.

BONUS...

Hal yang mempercepat index-nya artikel blog

  • Kualitas artikel blog (pastikan tidak ada typo)
  • Artikel blog gunakan Heading(h1), atau Subheading (h2,h3,h4)
  • Tampilan website yang mendukung desktop (responsive) dan seluler (mobile friendly)
  • Custom domain
  • Gunakan link pendek (permalink)
  • Target CPC yang besar (Cost per Click)
  • Memiliki gambar
  • Tidak copy-paste tulisan orang lain.
Semoga artikel ini cukup membantu anda dalam menjalani sebagai seorang blogger pemula. Sekian dari saya terima kasih.